Endah N Rhesa, Navicula, bergabung dengan musisi dunia menciptakan musik untuk alam

Navicula dan Endah N Rhesa bergabung dalam daftar musisi bertabur bintang yang merilis lagu yang menampilkan suara alam untuk membantu menghasilkan dana konservasi.

Endah N Rhesa, Navicula, bergabung dengan musisi dunia untuk menciptakan musik untuk alam Suara alam: Musisi lokal terkemuka dan sadar lingkungan Navicula dan Endah N Rhesa bergabung dalam inisiatif global UN Live untuk menghasilkan dana konservasi. (-/Jalur Penny).

musisi terkenal Indonesia Endah N Rhesa dan Navicula telah terpilih untuk bergabung dengan musisi dunia lainnya untuk mengakui alam sebagai “musisi” dalam karya mereka untuk membantu menghasilkan dana konservasi.

Sebagai bagian dari inisiatif global Museum for the United Nations – UN Live yang bertajuk “Sounds Right”, suara alam kini akan memiliki halaman artis resmi bernama “NATURE” di platform streaming utama. Musisi dapat mulai mencantumkannya di lagu mereka sebagai fitur untuk membagi pendapatan mereka dengan badan amal terdaftar dari inisiatif tersebut.

Setidaknya 50 persen royalti dari streaming lagu-lagu yang menampilkan ALAM akan diarahkan ke proyek konservasi dan restorasi keanekaragaman hayati di seluruh dunia. Panel penasihat ahli Sounds Right menyebutkan Indo-Burma, India, Myanmar dan Pegunungan Andes Tropis sebagai beberapa wilayah utama yang akan menerima sumbangan.

Artis di seluruh dunia, mulai dari Inggris hingga Indonesia, telah bergabung dalam inisiatif ini dengan merilis lagu baru atau me-remix lagu-lagu lama untuk menampilkan NATURE. Beberapa nama terkemuka termasuk musisi elektronik Brian Eno dengan mendiang David Bowie, bintang pop Ellie Goulding, AURORA dan UMI dengan V dari grup K-pop BTS.

Aksi-aksi besar dari belahan dunia lain termasuk band Kolombia Bomba Estéreo dan musisi Kenya Blinky Bill juga bergabung dalam gerakan ini.

Endah N Rhesa dan Navicula, masing-masing mencoba genre yang berbeda, berkolaborasi dalam inisiatif ini dan merilis sebuah lagu dalam bahasa Inggris pada Kamis lalu berjudul “Segara Gunung” yang menampilkan NATURE. Ini mencakup suara kicau burung dari hutan hujan tropis dan lautan nusantara.

Navicula dan Endah N Rhesa telah lama blak-blakan mendesak aksi perubahan iklim melalui musik dan aktivisme mereka. Navicula yang berasal dari Bali adalah band rock berpengaruh di negara ini, sementara Endah N Rhesa adalah duo indie terkemuka yang mulai terkenal sejak tahun 2000-an.

“Alam adalah sumber dan pengaruh terbesar dalam segala hal yang kita lakukan—dalam karya, seni, dan kehidupan kita,” Endah, salah satu anggota grup indie, mengatakan tentang pentingnya inisiatif ini dalam sebuah pernyataan.

Musisi ternama Brian Eno mengatakan ini adalah cara untuk “memberi kembali kepada alam [dan] membantu melestarikan planet ini”. Eno me-remix lagu “Get Real”, yang ia tulis bersama David Bowie pada pertengahan 1990-an, untuk memasukkan suara binatang liar.

Inisiatif ini diluncurkan untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada hari Senin, dan bertujuan untuk membantu pendengar musik mengambil bagian dalam memerangi perubahan iklim hanya dengan streaming lagu-lagu yang menampilkan ALAM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *